Wednesday, February 1, 2017

15 Prinsip Aman Mengemudikan Forklift

Satu forklift ukuran tengah mempunyai berat yang sama juga dengan berat truk pengangkut (dump truck) dan bisa menyebabkan bahaya dan luka yang sama. Kita tentunya akan mengaplikasikan ingindalian yang ketat untuk alat-alat yang berat seperti truk pengangkut itu, maka hal yang sama harusnya berlaku juga pada forklift.



Data-data dari WorkSafe Victoria mengatakan tingginya kecelakaan yang dikarenakan oleh forklift di daerah administrasinya. Data-data kecelakaannya yaitu seperti berikut :


  • Pada periode Januari 1985 sampai Januari 2006, 56 masalah kematian yang terkait dengan operasional forklift dilaporkan
  • Dari masalah kematian itu, 30 melibatkan pejalan kaki, 16 tertimpa beban, dan 14 tertabrak forklift
  • 10 kematian yang lain dikarenakan oleh operator yang loncat atau jatuh dari forklift yang rubuh hingga ia tergencet pada forklift dengan lantai
  • Forklift rubuh yaitu penyebabnya paling tinggi kematian nomer 2
  • Forklift rubuh terus-terusan hingga mengakibatkan banyak kecelakaan kerja


Agar bisa menghindar kecelakaan-kecelakaan itu, kita mesti mengaplikasikan 15 Prinsip Aman dalam Mengemudikan Forklift

Memakai Sabuk pengaman

Sabuk pengaman begitu penting untuk melindungi operator tetaplah didalam kabin saat forklift tabrakan atau rubuh. Gunakan APD yang lain juga, guna menimalisir kecelakaan kerja. seperti sepatu safety, seragam, helm safety, kaca mata safety.

Operator Forklift menghadap ke arah maksud

Terdapat banyak jenis forklift seperti reach truck yang mempunyai arah tempat duduk tegak lurus dengan garpu dab roda forkliftnya hingga seolah-olah ia bergerak ke samping. Pada jenis ini dan semuanya forklift, operator mesti menghadapkan pandangan matanya ke arah maksud hingga dapat lihat semuanya potensi rintangan.

Membunyikan Klakson dipersimpangan

Tiap-tiap persimpangan menyebabkan kemungkinan titik buta (Blind spot) untuk operator forklift hingga operator tak lihat forklift atau pejalan kaki yang jalan di sisi lain persimpangan. Membunyikan klakson akan jadi peringatan bagi mereka yang ada di sisi lain persimpangan.

Hentikan forklift saat pandangan terhalang

Operator harus memberhentikan forkliftnya jika pandangannya terhambat mengingat ada kemungkinan yang mungkin nampak jika operator memaksakan jalan tanpa ada dapat lihat ke jalan depan. Sebagai jalan keluar, operator dapat memutar balik forkliftnya dan pandangannya 180 derajat hingga tak akan terhambat beban.

Melindungi jalur pejalan kaki dan Zebra Cross bebas dari semua halangan

Forklift dan pejalan kaki yang ada dalam 1 jalur bisa mempertinggi kemungkinan tabrakan pada pejalan kaki. Menempatkan palet atau benda lain di jalur pejalan kaki bisa membuat pejalan kaki keluar dari zona amannya, hingga mengakibatkan ia bisa tertabrak forklift.

Melindungi jarak 3 m pada pejalan kaki dan forklift dan forklift dengan forklift

Satu forklift yang jalan dengan kecepatan pejalan kaki, memerlukan jarak 3 mtr. untuk dapat berhenti dengan aman. Jika kurang dari itu, peristiwa inersia yang di terima forklift bisa mengakibatkan forklift rubuh. Oleh Karen itu, 3 M yaitu jarak minimal yang perlu dijauhi untuk kontak antar forklift-pejalan kaki dan forklift-forklift.

Menaruh pallet di tempat yang telah ditandai atau ditentukan

Penyimpanan palet yang sesuai sama tempatnya akan meyakinkan jalur pedestrian dan jalur forklift aman.

Meyakinkan palet yang diangkat dalam sesuai sama standard

Palet yang tidak cocok dengan standard bisa menyebabkan palet jatuh, forklift rubuh atau bahkan juga rusaknya rack penyimpanan

Meyakinkan barang terikat kuat dengan palet

Barang yg tidak terikat dengan palet bisa menyebabkan kemungkinan barang akan jatuh saat forklift bermanuver atau saat forklift menambah/turunkan barang.

Hindari untuk menggerakkan forklift saat turunkan/barang

Saat forklift menambah/turunkan barang akan berlangsung perpindahan titik keseimbangan. Forklift yang bergerak pada sekarang ini bisa kehilangan keseimbangannya hingga forklift akan rubuh.

Ketika menumpuk barang dikerjakan dengan urut dan bisa dibuka dari 2 sisi

Hal semacam ini diperlukan supaya jika ada satu akses yang terhambat, operator masihlah mencapainya dari akses yang lain.

Mengangkat terlebih dulu palet sebelumnya dipindahkan ke tempat lain

Jauhi untuk mendorong palet dengan garpu karena akan mengakibatkan kerusakan lantai dan bisa mengganggu ke stabilan forklift

Memarkir Forklift posisi ujung garpu melekat di lantai dan dimasukkan kedalam tempat garpu di palet

Ujung garpu yang melekat di lantai dan terlindung oleh palet akan meminimalisasi kemungkinan orang lain tersandung karena garpu forklift.

Mencabut kunci forklift ketikan keluar dari forklift

Dengan mencabut kunci, kita bisa menghindar penggunaan forklift oleh orang yg tidak mumpuni.

Lakukan three point kontak ketika naik dan turun forklift

3 point kontak saat turun/naik forklift bisa terwujud jika satu diantara tangan operator memegang handle dekat stir forklift sesaat tangan yang lain memegang jok forklift. Ini akan menghindar operator terpeleset saat naik/turun forklift.

0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.